Tuesday 26 May 2015

Mars Perpustakaan

Logo Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, atau yang sering kita dengar dengan sebutan Perpusnas RI, adalah lembaga induk dari seluruh perpustakaan yang ada di Indonesia. Perpustakaan baik yang memang berupa perpustakaan murni, misal perpustakaan daerah, Perpustakaan perguruan tinggi, perpustakan sekolah, perpustakaan desa, dsb, juga yang berupa taman baca masyarakat (TBM), perpustakaan komunitas, bahkan juga perpustakaan pribadi.

Atau untuk definisinya, wikipedia.com menyebutkan bahwa Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang juga disebut dengan Perpustakaan Nasioan RI (PNRI) adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) atau Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) adalah Perpustakaan Nasional yang berada di Jakarta, Indonesia. Perpustakaan ini memiliki tugas menyimpan data-data dan informasi negara. Perpusnas juga merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Itu sekilas tentang Perpusnas kita, tapi kali ini, kita tidak akan membahas lebih jauh tentang apa dan bagaimana Perpustakaan nasional RI ini. Saat ini kita akan membahas tentang Mars Perpustakaan Nasional, yang sejujurnya, kami pun baru tahu hari ini tadi saat acara Sosialisasi PP No. 24 tahun 2014 tentang pelaksanaa UU No. 34 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. (In syaa Allah akan ada artikelnya nanti)

Bagaimana mars tersebut? Berikut ini liriknya..

Mars Perpusnas
Cipt: N. Simanungkalit, 2006

Gunakanlah, Milikilah
Perpustakaan Bangsa Kita
Ilmu Meningkat Makin Cepat
Pustakapun Terus Berkembang

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
Amanat Pancasila Baca Buku, Tingkatkanlah Harkat
Manusia Seutuhnya

Lestarikanlah Budayanya
Pustaka Indonesia Raya
Raih Tujuan Kemerdekaan
Adil Dan Makmur Sentosa

Hmmmm... lalu bagaimana lagunya? seperti ini.. :)


Naah.. bagaimana? Mars-nya keren kan? bikin main semangat!!
"Ayo berdiri sejenak, tegakkan badan, kita nyanyikan Mars Perpustakaan bersama dengan kebanggan dan rasa cinta pada dunia pustaka negeri tercinta. 1.. 2.. 3...."

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment