Tuesday 7 April 2015

Wisata Pustaka ke Arpusda Kota Jogja

Berfoto di depan Kantor Arpusda Kota Jogja
Beberapa saat yang lalu, kami dengan beberapa siswa kelas 7 BDS (Boarding School) mengadakan Wisata Pustaka ke Toko Buku Gramedia dan Kantor ARPUSDA (Arsip dan Perpustakaan Daerah) Kota Yogyakarta. Kegiatan ini kami laksanakan pada hari Ahad, bertepatan dengan PTP (Pekan Tidak Pulang) bagi siswa boarding putra. Dengan sembilan orang siswa, yang mereka adalah Ayyasi, Afif, Bimo, Bagas, Aufa, AR, Hafidz, dan Ammar yang mereka adalah dari kelas 7A, serta seorang siswa yang bernama Taufik dari kelas 7B. Dengan didampingi Ust. Teguh, kami melakukan kunjungan ke Gramedia dan Perpustakaan Kota Jogja.

Tujuan dari kegiatan Wisata Pustaka ini tak lain adalah untuk mengenalkan, mendekatkan, dan mengakrabkan siswa kepada dunia pustaka dan literasi. Selain sebagai sarana informasi dan edukasi, perpustakaan juga bisa menjadi tempat rekreasi yang tak kalah menyenangkan dengan temat rekreasi yang lain.

Dari sekolah kami menggunakan angkutan umum Trans Jogja, sehingga dengan ini juga bisa menumbuhkan kesadaran anak agar bisa mulai membiasakan diri memanfaatkan angkutan umum ketika bepergian. Kemudian kami menuju ke Toko Buku Gramedia. Di sini anak-anak terlihat sangat antusias dan gembira. Mereka melihat-lihat beragam judul dan jenis buku-buku baru yang sangat menarik. Beberapa anak bahkan ahirnya memutuskan untuk membeli beberapa buku dari sini.








Dari Gramedia kami berjalan kaki menuju ke Perpustakaan Kota Jogja yang terletak persis di belakang Toko Buku Gramedia. Alamatnya? Hmmmm.... bagi yang belum tahu, Toko Buku Gramedia beralamat di Jalan Jend. Sudirman 54-56, Yogyakarta. Sedangkan Perpustakaan Kota Jogja beralamat di Jalan Suroto No. 9 Yogyakarta.


Peta lokasi Gramedia dan Perpustakaan Kota Jogja

Sesampainya di Perpustakaan Kota Jogja, kami mengisi daftar hadir di pintu masuk perpustakaan, kemudian kami langsung menuju ke lantai 2. Di sana terdapat Kid Corner, atau tempat kusus untuk anak-anak yang sangat nyaman dan menyenangkan, sehingga bahkan para orang tuapun ikut ke sini pula. Di sini anak-anak membaca buku-buku, majalah, komik, dan bahan bacaan lain yang memang dikususkan untuk kategori anak-anak. Ada juga beberapa anak yang main internet berkecepatan tinggi di sini. Dan yang pasti, internet di Perpustakaan Kota Jogja sangat aman dan sehat untuk anak-anak.





Kami pulang selepas sholat dzuhur di mushola Perpustakaan Kota Jogja. Anak-anak sangat senang dan atusias dengan kegiatan ini. Dan mereka berharap akan ada kegiatan serupa selanjutnya. ^_^

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment