Wednesday 1 April 2015

Pustakawan ARPUSDA Kota Jogja Belajar SLiMS

Ust. Teguh menerima Bu Tina dan Bu Laili, dua orang Pustakawan ARPUSDA Kota Jogja
Ahir bulan lalu, tepatnya tanggal 31 Maret 2015, kami merima kunjungan istimewa dari Kantor ARPUSDA (Arsip dan Perpustakaan Daerah) Kota Yogyakarta. Dua orang pustakawan Perpustakaan Kota Jogja, yaitu Ibu Tina dan Ibu Laili, dikirim ke perpustakaan kami untuk belajar SLiMS (Senayan Library Management System) kepada kami. Diterima oleh Ust. Teguh Prasetyo Utomo, A.Md - Koordinator Perpustakaan Daarul Ilmi SMPIT Abu Bakar Yogyakarta - Ibu Tina dan Ibu Laili langsung menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan beliau berdua ke Perpustakaan Daarul Ilmi. Bahwa ARPUSDA Kota Jogja seringkali mendapat permintaan installasi program otomasi perpustakaan dari instansi-instansi yang ada di Kota Jogja, tapi seringkali mengalami kendala karena belum adanya tenaga yang menguasai program SLiMS ini. Untuk itu, ARPUSDA Kota Jogja mengirim beliau berdua untuk belajar SLiMS kepada Ust. Teguh yang kebetulan juga salah seorang yang aktif di Komunitas SLiMS Jogja ini. Sebelumnya, Ust. Teguh juga sudah beberapa kali membantu ARPUSDA Kota Jogja menginstall program SLiMS ini ke beberapa sekolah, seperti SMP Negeri 4 Yogyakarta dan SD Juara Yogyakarta beberapa saat yang lalu.

Menjelaskan tentang program SLiMS.
Kembali ke kunjungan, setelah disampaikan maksud kedatangan Ibu Tina dan Ibu Laili, Ust. Teguh langsung memberikan pelatihan singkat mengenai cara installasi, costumisasi dasar, penggunaan serta pengelolaan program, serta kendala-kendala yang biasanya terjadi di lapangan plus penyelesaiannya saat installasi program SLiMS ini. Dengan menggunakan program SLiMS versi 5 (Meranti) full Costumize, pelatihan singkat ini berlangsung dengan lancar, mulai dari jam 11.00 sampai dengan jam 12.30an. Diskusi dan obrolan ringan terjadi di sela-sela pelatihan ini. Baik tentang SLiMS, maupun tentang hal lain seperti kemungkinan kerjasama antara ARPUSDA Kota Jogja dengan perpustakaan kami.

Ahirnya, kami selaku pengelola Perpustakaan Daarul Ilmi SMPIT Abu Bakar Yogyakarta merasa sangat terhormat dan bahagia menerima kunjungan dari ARPUSDA Kota Jogja ini. Harapan kami, kerjasama dan sinergi antara ARPUSDA Kota Jogja dengan perpustakaan kami akan terus berlanjut dengan saling menguntungkan dan saling membutuhkan (simbiosis mutualisme). ^_^

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment