Tuesday 3 December 2013

PPL IP UIN Suka: Seminar Kepustakawanan

Ust. Teguh memberikan sambutan pembukaan pelatihan.
Kreatif, itulah satu kata yang kiranya pas untuk mengomentari kegiatan Seminar Kepustakawanan yang diadakan pada tanggal 16 November 2013 ini. Para mahasiswa PPL ini dengan sigap, siap, tanggap, cepat dan tepat melaksanakan instruksi dari Ust Teguh yang meminta mereka mengadakan program pendidikan pemakai (user education) bagi para siswa. Ahirnya mereka mengadakan seminar kepustakawanan bagi para siswa yang mana dalam kegiatan ini dirangkaikan pula dengan kegiatan pendidikan pemakai.

Dalam kegiatan seminar ini para siswa diberikan materi kepustakawanan dan motivasi2 untuk rajin memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Juga para siswa diajari tentang teknik2 kepustakawanan seperti shelving, labeling, searching, dan lain2. Dan hasilnya anak2 sangat antusias mengikuti setiap rangkaian kegiatan ini. Bahkan ahirnya, di ahir acara seminar terbentuk pula sebuah komunitas pecinta perpustakaan yang bernama ALiF (Abu Bakar Library Friends) yang memiliki anggota sebanyak 48 orang yang terdiri dari perwakilan kelas 7A s/d 7H dan kelas 8A s/d 8H yang masing2 kelas diwakili 3 orang siswa.

Dalam sambutannya, Ust Teguh menyampaikan bahwasanya dg diadakannya pelatihan kepustakawanan bagi siswa-siswi SMP IT Abu Bakar ini, dapat menjadikan mereka lebih memahami dan lebih familier dengan perpustakaan. Harapannya, para siswa dapat memanfaatkan setiap layanan yang ada di perpustakaan secara maksimal untuk menunjang kesuksesan studi mereka.

Berikut ini foto2 kegiatan seminar ini. Seru....!! ^_^


Para peserta seminar antusias mendengarkan penjelasan dari salah seorang pembicara.
Menjelaskan kepada peserta training.
Salah satu peserta training memperhatikan dg sangat antusias.
Salah seorang peserta mencoba sistem absensi online.
Praktik menggunakan OPAC (Online Public Acess Catalogue)
Menjelaskan kepada peserta.
Rafli semangat mencoba Online Visitor Counter.
Penyematan Pin tanda anggota ALiF secara simbolis.
Penyematan Pin tanda anggota ALiF  secara simbolis.
Foto Bersama (1)
Foto Bersama (2)
Panitia seminar.
Masih sempat ngalay.. -_-'

1 komentar: