Wednesday 4 December 2013

ALiF (Abu Bakar Library Friends)


Abu Bakar Library Friends atau disingkat menjadi ALiF. Yup.. inilah komunitas pecinta buku dan perpustakaan yang ada di SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta. Komunitas yang mempertemukan para pecinta ilmu pengetahuan dan informasi.
ALiF bermula dari sebuah gagasan pustakawan SMP Islam Terpadu Abu Bakar untuk "membuat" sebuah komunitas pecinta buku dan perpustakaan. Ide ini terinsirasi dari adanya komunitas2 serupa yang ada di beberapa sekolah di Yogyakarta ini, misalnya ada MBL (Mayoga Books Lovers) di MAN Yogyakarta 3, Tinta (Teladan Cinta Membaca) di SMAN 1 (Teladan) Yogyakarta, dan juga ada Pustakawan Kecil di SD Muhammadiyah Sapen. Bahkan ada juga Sahabat Perpustakaan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Komunitas2 itulah yang menginspirasi Perpustakaan Daarul Ilmi untuk pula memiliki komunitas serupa. tentu saja gagasan ini terutama juga dilandasi dengan semangat untuk lebih memajukan pendidikan dan memperbesar peran perpustakaan dalam mengantarkan kesuksesan pendidikan siswa-siswi SMP Islam Terpadu Abu Bakar. Sehingga pada tanggal 16 November 2013, lahirlah ALiF dari rahim Perpustakaan Daarul Ilmi SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta.

Harapan kami kedepan, ALiF bisa semakin mengeksistensikan peranannya dalam berbagai kegiatan kepustakawanan di SMP Islam Terpadu Abu Bakar. Dari kegiatan2 itulah diharapkan akan semakin memajukan kualitas intelektualitas siswa serta secara otomatis akan pula memajukan kualitas pendidikan di SMP Islam Terpadu Abu Bakar. Para anggota ALiF diharapkan bisa menjadi garda terdepan dan teladan bagi teman2nya dalam menyebarkan virus2 cinta informasi dan perpustakaan. ALiF diharapkan mampu menjadi pendongkrak semangat belajar siswa dan peningkatan minat baca di lingkungan SMP Islam Terpadu Abu Bakar tercinta ini.

Saat ini ALiF telah memiliki anggota sebanyak 48 orang yang merupakan perwakilan dari kelas 7A sd 7H dan kelas 8A sd 8H yang masing2 kelas diwakili 3 orang siswa.

** Dokumentasi kegiatan ALiF...

ALiF nonton bareng film "Pasca Cetak"
Santai, ada yg sambil tiduran pun tak masalah.
Yang akhwat pun tak kalah antusias menyaksikan filmnya.
Penyerahan sertifikan ALiF secara simbolis oleh Mbak Heni Kurnia Ningsing (UIN Suka)
Anggota ALiF (Ikhwan) menunjukkan sertifikatnya.
Anggota ALiF (Akhwat) menunjukkan sertifikatnya.

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment