Thursday 5 December 2013

SMPIT Nurul 'Ilmi Tenggarong Study Banding Ke Perpustakaan Daarul Ilmi

Ust. Teguh menerima Usth. Akhadah
(Pengelola Perpustakaan SMPIT Nurul 'Ilmi Tenggarong).
Tanggal 9 November lalu, pengelola SMPIT Nurul 'Ilmi Tenggarong dipimpin oleh Kepala SMPIT Nurul ‘Ilmi Tenggarong Bpk. Untung, S.Pd. didampingi Ketua Jaringan Sekolah Islam Terpadu Regional Kalimantan Dr. H. Saiful Aduar, M.Pd. dengan beberapa Guru dan Siswa yang berjumlah sekitar 50 orang melakukan study banding ke sekolah kami SMPIT Abu Bakar Yogyakarta.

Dalam study banding tersebut, pengelola perpustakaan SMPIT Nurul Ilmi Tenggarong yaitu beliau Ustadzah Akhadah melakukan studi banding ke perpustakaan kami, Perpustakaan Daarul 'Ilmi SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Beliau diterima langsung oleh Koordinator Perpustakaan Daarul 'Ilmi, Ustadz Teguh Prasetyo Utomo, A.Md. dengan didampingi mahasiswa PPL Ilmu Perpustakaan S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu saudari Lis Ardiyani dan Hekmi Shimabait.

Ustadzah Akhadah (kiri) didampingi mahasiswi PPL, Lis Ardiyani.
Dalam pertemuan ini, pengelola perpustakaan SMPIT Nurul Ilmi Tenggarong banyak menayakan tentang sistem pengelolaan perpustakaan Daarul Ilmi, tentang jaringan kerjasama , serta tentang teknis pengelolaan koleksi perpustakan, dll. Beliau juga banyak bercerita tentang kondisi perpustakaan di sana yang masih "minim" dan masih digabung antara perpustakaan SD dengan perpustakaan SMP, ruangan yang masih sempit, pengelola perpustakaan yang belum profesional, serta jumlah koleksi yang belum memadai. dan dari pihak kami pun menceritakan banyak hal tentang pengelolaan perpustakaan, tentang karakteristik pemustaka, tentang macam layanan perpustakaan, serta yang cukup mendalam adalah tentang sistem otomasi perpustakaan, mulai dari softaware yang kami gunakan - yang mana di perpustakan kami telah menggunakan SLiMS (Senayan Library Management System) sebagai basis otomasi perpustakaan kami - perangkat2 yang diperlukan dalam membangun sistem otomasi, hingga teknis penerapan sistem otomasi perpustakaan.

Ust. Teguh menjelaskan tentang sistem klasifikasi buku.
Ahirnya setelah berbincang banyak tentang perpustakaan, beliau pamit dan kamipun memberikan "kenang-kenangan" berupa brosur Perpustakaan Daarul Ilmi, master program otomasi perpustakaan SLiMS, master program DDC, serta data program kerja dan beberapa hal yang dibutuhkan untuk pengembangan perpustakaan di SMPIT Nurul Ilmi Tenggarong. Harapannya dengan ini bisa menjadi embrio bagi kami untuk membantu perpustakaan-perpustakaan di Indonesia akan semakin maju dan semakin memantapkan posisi dan peranannya di dalam memajukan pendidikan dan bangsa Indonesia.

Ust. Teguh mempraktekkan cara penggunaan sistem otomasi perpustakaan.

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment