Thursday 12 December 2013

Kondisi Awal Perpustakaan Daarul Ilmi

Perpustakaan Daarul Ilmi saat itu...

Beginilah kondisi awal Perpustakaan Daarul Ilmi kita tercinta ini. Gambar2 ini diambil pada saat Ustadz Teguh melakukan PKL (Praktek Kerja Lapangan) pada kurun waktu 5 Maret s/d 5 Mei 2012 bersama dengan rekan2 satu timnya yaitu Ira Uffa Dwi Ratih Fijayanti (yang saaat ini melanjutkan studi S1-nya di jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Airlangga) dan Sri Rahayu (Yang saat ini menjadi Pustakawati di SMA Bunda Rangkiang Bogor). Terlihat betapa kondisi perpustakaan saat itu masih sangat minim, sehingga Ustadz Teguh bersama rekan2 tim PKL-nya harus bekerja keras membangun sistem perpustakaan kita ini agar menjadi lebih teratur dan modern dengan menggunakan standar2 ilmu perpustakaan.

Dalam masa PKL waktu itu, Ustadz Teguh dengan rekan2 timnya melakukan rombak total perpustakaan, yang pada waktu itu masih sangat sederhana, di mana pada waktu itu perpustakaan belum terkelola secara standar. Ustadz Teguh dengan rekan2nya melakukan kegiatan pengolahan koleksi mulai dari inventarisasi koleksi, stampling, klasifikasi koleksi, labeling, input data ke sistem automasi perpustakaan, bongkar2 rak, penyiangan koleksi, pengadaan sarana-prasarana perpustakaan mulai dari rak buku, meja baca, meja sirkulasi, printer dsb. Saking banyaknya hal yang harus dikerjakan pada wakttu itu, sampai2 Ustadz Teguh dengan rekan2nya dengan suka rela melakukan PKL lanjutan setelah mereka ditarik pada tanggal 5 Mei 2012. Ustadz Teguh dengan rekan2nya masih melakukan PKL lanjutan hingga hampir 1 bulan setelah penarikan dari kampus. Ini menjukkan betapa luar biasanya mereka dalam berkomitmen nyata untuk memajukan perpustakaan ini.

Dan dari hasil kerja tim PKL inilah ahirnya dapat dilihat sekarang perpustakaan Daarul Ilmi semakin berkembang dan terus mengalami kemajuan. Hal ini tak lepas dari upaya tim PKL yang luar biasa ini dalam membangun "pondasi" dalam pengelolaan perpustakaan Daarul Ilmi ini.

Berikut ini beberapa gambar kondisi perpustakaan Daarul Ilmi saat itu..

Rak-rak koleksi saat itu

Ruang baca perpustakaan

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment