Saturday 27 June 2015

Pengolahan Bahan Pustaka : Katalogisasi (2)

Katalog membantu pemustaka untuk menemukan koleksi yang dibutuhkan.
B. Ragam Katalog

Secara umum, katalog dibagi menjadi beberapa jenis. Jika dilihat dari bentuk fisiknya, katalog memiliki ragam antara lain katalog kartu, katalog berkas, katalog buku, dan (yang terbaru) katalog digital. Sedangkan dilihat dari jenis isi (content)nya, maka katalog bisa dibagi menjadi katalog utama (Tajuk Entri Utama/TEU), katalog judul, katalog subjek, dan katalog pengarang.

Berdasarkan Bentuk Fisik
a. Katalog Kartu

Katalog Kartu


Terbuat dari karton manila, dengan ukuran internasional 7,5 x 12,5 cm. Di bagian tengah sebelah bawah diberi lobang, gunanya untuk pengikat supaya tidak mudah lepas dari susunannya, dalam penyimpanannya kartu-kartu ini disusun didalam laci dengan ukuran yang sesuai, dimana bagian luar dari laci tiket untuk tanda isi dari laci tersebut. Selanjutnya laci ini disimpan didalam almari katalog.
Di antara susunan kartu-kartu katalog tersebut diberi kartu penunjuk atau guide card, sebagai penolong untuk mempermudah mancari kartu yang dimaksud. Kartu katalog ini paling praktis didalam praktek, karena mudah menambah, mengurangi dan mengganti. Untuk perpustakaan yang sifatnya tertutup pemakaian bentuk ini kurang praktis, karena pemakai katalog akan berjejal didepan almari katalog.

b. Katalog Berkas

Katalog ini merupakan lembaran lepas yang terbuat juga dari karton manila yang dijilid menjadi satu berkas, ukurannya bermacam-macam dan lebih besar dari katalog kartu. Bentuk ini praktis untuk perpustakaan sistem tertutup, karena yang mencari buku tidak berjejal dilemari katalog, katalog berkas bisa diperbanyak dalam beberapa buku.

c. Katalog Buku
Katalog Buku

Ini dapat diketik, distensil atau dicetak berbentuk buku yang terdiri dari lembaran-lembaran kertas dimana terdapat uraian dari buku-buku perpustakaan tertentu. Katalog ini biasanya paling murah, dan dapat dibuat banyak dan dapat pula dijual. Hanya kesukarannya dalam penambahan, pengurangan dan perbaikan. Setiap kali katalog ini harus diperbaharui, supaya sesuai dengan keadaan.

d. Katalog Digital

Tampilan katalog digital (SLiMS - Senayan Library Management System)

Katalog digital merupakan jenis katalog yang paling mutakhir. Katalog ini terintegrasi dengan sistem otomasi perpustakaan (Library Automation System) yang berbasis komputer. Saat ini ada berbagai macam softaware otomasi perpustakaan seperti SLiMS/Senayan Library Managemen System, IBRA, Green Stone, Lontar, dsb. Katalog digital sendiri, tersusun atas serangkaian metadata yang diinput di dalam suatu program otomasi perpustakaan yang kemudian oleh program tersebut ditampilkan dalam sebuah informasi bibliografi. Informasi tersebut meliputi informasi judul, pernyataan tanggung jawab, edisi, penerbit, tempat terbit, deskripsi fisik, subjek, dan ISBN/ISSN. Atau yang biasa kita kenal sebagai 8 Daerah Bibligrafi. Bahkan informasi yang ada pada katalog digital saat ini sudah mencakup banyak hal, lebih dari 8 daerah bibliografi tersebut. Seperti gambar sambul buku, ringkasan isi buku, nomer kelas, nomor panggil, kala terbit, GMD, harga, pemesanan, nomor inventaris, status koleksi, dan beberapa informasi yang lain saat ini bisa tertampil di katalog digital.

*bersambung...

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment