Thursday 19 March 2015

Koleksi Serial

National Geografi Indonesia (NGI).
Apa itu koleksi serial? Pertanyaan ini seringkali muncul saat pertama kali kita mendengar kata atau istilah ini. Ya, koleksi serial adalah salah satu dari sekian jenis koleksi yang ada di sebuah perpustakaan yang mana koleksi ini terbit secara rutin dan berkala dalam periode waktu tertentu, mulai dari harian, mingguan, dwi-mingguan, bulanan, tri-wulan, catur-wulan, semester, satu tahun, dst. Adapun jenisnya, ada berupa SKH (Surat Kabar Harian), Majalah, Tabloid, Jurnal, Kliping, buku laporan tahunan, dsb. Koleksi serial ini tidak bisa dan tidak boleh dipinjamkan, karena koleksi serial ini hanya dilayankan untuk dibaca di tempat saja.

Naahh.. dalam hal ini kami, Perpustakaan Daarul Ilmi, juga menyediakan beberapa koleksi serial yang bisa dimanfaatkan oleh pemustaka di perpustakaan kami. Ada beberapa yang sudah kami langgan secara rutin, yaitu,

SKH KR, Republika, dan Bola
  1. SKH Kedaulatan Rakyat Jogja
    Terbit harian, merupakan surat kabar lokal DIY-Jateng

  2. SKH Republika
    Terbit harian, merupakan surat kabar nasional.

  3. Harian Bola
    Terbit harian, merupakan surat kabar yang berisi berita olahraga, kususnya tentang sepak bola.

  4. Tabloid Pulsa
    Terbit harian, merupakan tabloid yang berisi informasi dan perkembangan dunia teknologi informasi, kususnya di bidang handphone dan perangkat mobile lainnya.

    Majalah Pulsa
  5. Majalah National Geografi Indonesia
    Majalah ini diterbitkan setiap satu bulan sekali. Isu yang diangkat berkenaan dengan masalah lingkungan, geografi, fenomena, serta hewan atau penemuan. Meskipun terbit di wilayah Indonesia, National Geographic Indonesia tidak hanya membahas isu-isu menarik yang tengah terjadi di Indonesia. Majalah ini tidak membatasi keilmuan karena pengaruh keadaan geografis.

  6. Majalah Panjebar Semangat
    Majalah berbahasa jawa yang terbit setiap pekan sekali. Di dalamnya terdapat berbagai rubrik yang sangat bagus untuk mendukun siswa dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa.

    Majalah Panjebar Semangat
  7. Majalah Gatra
    GATRA adalah sebuah majalah berita mingguan yang diterbitkan di Indonesia sejak tahun 1994. Menyoroti isu-isu nasional terbaru.

    Majalah Gatra
  8. Majalah Trubus
    Trubus adalah nama majalah tanaman yang berasal dari Indonesia yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1969 dan diterbitkan oleh PT Trubus Swadaya. Majalah ini diterbitkan dalam Bahasa Indonesia. Selain edisi cetaknya, ada pula edisi online nya.

    Majalah Trubus
  9. Majalah Hidayatullah
    Majalah dakwah Islam terpercaya, terbit setiap awal bulan. Untuk jaringan masyarakat bertauhid.

    Majalah Hidayatullah

  10. Majalah Ummi
    Majalah wanita Ummi mulai terbit sejak april tahun 1989. Majalah wanita dengan slogan Identitas Wanita Islami ini sangat baik untuk dikonsumsi wanita mulai anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.
Majalah Ummi

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment