Monday 28 April 2014

Perawatan dan Perbaikan Buku

Sebagai salah satu unsur utama sebuah perpustakaan, buku merupakan hal pokok yang sangat penting untuk dijaga kondisi dan keadaannya. Buku harus selalu dirawat, diperlakukan dengan baik, dan diperbaiki jika terjadi kerusakan padanya. Perawatan dan perbaikan ini mencakup banyak hal, antara lain pembersihan, fumigasi, hingga penjilidan dan penyampulan buku.

Perpustakaan kami pun selalu melakukan hal tersebut secara rutin. Setiap pagi kami melakukan pembersihan buku2 di rak dengan vacum cleaner. Melakukan penyampulan buku dengan plastik sampul, hingga melakukan penjilidan dan penyampulan ulang pada buku2 yang mengalami kerusakan.
 
Salah satu koleksi kami yang rusak jilidannya.

Kerusakan ini bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain karena buku itu merupakan buku favorite pemustaka sehingga sering dibuka, dibaca, dan dibolak-balik halaman2nya. Juga bisa karena perlakuan pemustakan yang kurang baik terhadap buku itu, misal dibuat bantalan mouse komputer (pengalaman kami), juga karena "kesalahan" pustakawan dalam menempatkan buku tersebut pada rak atau almari, dsb.

Buku yang rusak sampulnya.
Karena hal itu pula, kami selalu rutin melakukan perbaikan2 terhadap koleksi2 buku di perpustakaan kami. Akan tetapi, untuk perbaikan buku, kami belum bisa melakukannya secara mandiri. Kami masih melakukan kerjasama dengan "pihak luar" yaitu Foto Copy VERDANA Jalan Glagahsari, Umbulharjo, Yogyakarta yang kebetulan memang dekat dengan sekolah kami, dan juga sudah lama menjalin kerjasama dengan sekolah kami.
Beberapa buku yang telah selesai perbaikan (dijilid dan disampul ulang).
Buku2 kami yang rusak, baik sampul maupun jilidannya langsung kami bawa ke FC Verdana ini untuk dilakukan perbaikan. Biasanya kami harus menunggu maksimal selama satu pekan. Sehingga dengan ini koleksi2 kami yang rusak bisa diperbaiki dan bisa dilayankan lagi.

Daftar perbaikan buku tahun 2014.

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment