Tuesday 27 October 2015

Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta Masuk 10 Besar Nasional, Perpustakaan SMPIT Abu Bakar Segera Menyusul

Angkringan Buku Perpustakaan MAN 1 Yogyakarta


Tim dari Badan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Sabtu (10/10) menggelar visitasi di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta I, Jl. Cornelis Simanjuntak No. 60, Terban. Visitasi dilakukan dalam rangka penilaian Lomba Perpustakaan SLTA Tingkat Nasional.

Tiga anggota Tim Visitasi Badan Perpustakaan Nasional yang hadir adalah Drs. Sudirwan Hamid, MA., Drs. Nur Cahyo, MSi., dan Prof. Dr. H. Imam Tolkhah, MA. Hadir dalam visitasi tersebut antara lain Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama DIY, Prof. Dr. H. Nizar Ali, Walikota Yogyakarta, Drs. H. Haryadi Suyuti, Kepala Arpusda DIY, Budi Wibowo, SH., MM, Kepala Arpusda Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmo, SE., MM., dan Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Drs. H. Sigit Warsito.

Visitasi tersebut adalah kelanjutan dari keberhasilan Perpustakaan Sekolah MAN I Yogyakarta masuk peringkat 10 besar perpustakaan sekolah terbaik se Indonesia serta memperoleh Akreditasi A dari Badan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Menurut Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti terpilihnya perpustakaan sekolah MAN I Yogyakarta maju ketingkat nasional dalam lomba perpustakaan sekolah tidak terlepas dari inovasi dan terobosan dalam upaya meningkatkan minat baca siswa. "Inovasi tersebut diantaranya terciptanya sesuatu yang unik seperti angkringan buku yang menjadi simbol nilai-nilai lokal budaya Jawa. Saya berharap hal seperti ini dapat terus dikembangkan," tutur Drs. H. Haryadi Suyuti.

Sementara itu Prof. Dr. H. Nizar Ali, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama DIY, dalam sambutannya menyatakan bahwa masuknya perpustakaan sekolah MAN I Yogyakarta dalam 10 besar perpustakaan sekolah terbaik tingkat nasional bukan terjadi begitu saja. "Pasti ada disain besar dan terentang panjang terkait perpustakaan sekolah ini. Apalagi sebagaimana kita ketahui sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 1955," kata Prof. Dr. H. Nizar Ali

Ketua Tim Visitasi, Drs. Sudirwan Hamid, MA., dalam sambutannya menyatakan bahwa kunjungan di perpustakaan sekolah MAN I Yogyakarta adalah kunjungan kelima setelah perpustakaan sekolah di Ambon, Sulawesi Tenggara, Sumatera Utara dan Kalimantan Timur. Menurut Drs. Sudirwan Hamid, MA., yang paling penting dari lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional ini adalah peran serta pemerintah daerah dalam memberikan dukungan pada perpustakaan sekolah. "Soal juara adalah masalah ketentuan saja, yang terpenting adalah bahwa pemerintah daerah setempat dapat memberikan perhatian padaperpustakaan, baik perustakaan sekolah maupun perpustakaan desa," kata Drs. Sudirwan Hamid, MA.

(Sumber: KR Online)

Semoga Perpustakaan Daarul Ilmi SMP IT Abu Bakar Segera menyusul pula untuk bisa mendapatkan akreditasi A dari Perpustakaan Nasioanal dan maju ke dalam lomba perpustakaan sekolah tingkat nasional. Aamiin..

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment