Monday 6 July 2015

Installasi SLiMS (Senayan Library Management System) 7 di OS Windows


Tak bisa kita pungkiri bahwa saat ini teknologi informasi telah merambah di berbagai bidang kehidupan manusia. Mulai dari bidang ekonomi, politik, militer, kesehatan, pendidikan dan berbagai sektor lain tak lepas dari teknologi informasi. Pun demikian dengan dunia perpustakaan. Saat ini perpustakaan bukan lagi sebagai tempat usang yang berisi setumpuk buku-buku berdebu. Perpustakaan saat ini lebih sebagai suatu wahana sumber informasi dan ilmu pengetahuan dengan beragam koleksi yang dilayankannnya, mulai dari koleksi tercetak (buku, ensiklopedia, kamus, majalah, surat kabar harian, peta, atlas, dsb) hingga koleksi non cetak (CD, DVD, Globe, Layanan internet, dsb).

Tentu saja, sebuah perpustakaan modern haruslah dikelolas secara profesional oleh orang-orang yang benar-benar memiliki kompetensi dan profesionalisme di bidang perpustakaan. Selain itu, tak lagi mengandalkan pengelolaan secara manual, akan tetapi perpustakaan modern haruslah sudah mulai masuk kepada ranah teknologi informasi di dalam pengelolaannya. Inilah yang kita sebut sebagai Sistem otomasi Perpustakaan.

Ada beberapa faktor yang harus dipenuhi dalam rangka mewujudka sistem otomasi perpustakan ini, mulai dari SDM, hingga sarana pendukun seperti komputer, jaringan, serta software otomasi perpustakaan. Beragam software bisa kita gunakan untuk mendukung terlaksananya sistem otomasi perpustakaan ini. Salah satunya adalah SLiMS (Senayan Library management System).Dimana SLiMS ini adalah softrawe open source yang bisa kita gunakan secara free alias gratis tak berbayar.

Cara installasinya pun tidak sulit. Berikut ini kami sajikan ulasan cara mudah install SLiMS 7. KLIK DI SINI.

1 komentar: