Wednesday 11 November 2015

Kunjungan Mahasiswa STAIN Pekalongan ke Perpustakaan Daarul Ilmi


Hari ini kami mendapatkan kunjungan dari mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Pekalongan. Kunjungan ini dalam rangka KKL (Kuliah Kerja Lapangan) yang dilakukan fakultas tarbiyah STAIN Pekalongan. Sekitar 150 mahasiswa mengunjungi SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Beberapa di antaranya, sekitar 30 mahasiswa mengunjungi Perpustakaan Daarul Ilmi untuk menggali pengetahuan seputar pengelolaan perpustakaan di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta.

Rombongan ini langsung disambut oleh Kepala Perpustakaan SMPIT Abu Bakar, Ust. Teguh Prasetyo Utomo, A.Md dan Pustakawan Ustadzah Choiriyah, SIP. Sebagian mahasiswa ada yang melakukan interview dengan Ust. Teguh, ada sebagian yang melakukan interview dengan Ustadzah Choiriyah. Juga ada yang melakukan interview dengan anak-anak yang tengah berada di perpustakaan. Para mahasiswa ini selain menggali tentang pengelolaan perpustakaan di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta, juga menggali tentang minat baca siswa SMPIT Abu Bakar dan juga bagaimana trik dan tips dalam meningkatkan minat baca siswa.

Dalam pembicaraannya dengan para mahasiswa, Ust. Teguh juga menyampaikan harapan beliau bahwa mahasiswa PAI STAIN Pekalongan diberikan bekal pengetahuan tentang perpustakaan dan kepustakawanan. Hal ini mengacu pada kondisi pendidikan di Indonesia saat ini yang mana Indonesia menerapkan kurikulum 2013 dalam sistem pendidikannya. Sedangkan dalam kurikulum 2013 mengharuskan siswa bereksplorasi secara langsung dengan sumber referensi/sumber rujukan yang ada di perpustakaan. Sehingga dengan adanya pengetahuan tentang perpustakaan dan kepustakawanan bagi para mahasiswa PAI STAIN Pekalongan ini, nanti ketika lulus dan menjadi guru. Maka mereka akan menjadi guru yang memiliki wawasan kepustakawanan yang bisa bersinergi dengan pustakawan di sekolah dalam upaya mewujudkan suksesnya pendidikan di sekolah yang berbasis kurikulum 2013 itu sendiri. Seperti halnya jurusan PGMI UIN Sunan Kalijaga dan PGSD UST Yogyakarta yang telah menerapkan kurikulum perpustakaan di dalam perkuliahannya.






Dan sebelum mereka pulang, kami perpustakan Daarul Ilmi memberikan beberapa lembar brosur profil perpustakaan kepada mereka. Dan mereka sangat senang menerimanya. Semoga benrmanfaat ^_^

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment