Friday 23 November 2012

Bismillahirrohmaanirrohiim - "Langkah kecil untuk sebuah perubahan besar."

Bismillahirrohmanirrohim - "Langkah kecil untuk sebuah perubahan besar."

Itulah judul yang kami pilih untuk mengawali tulisan pertama kali di blog ini. Sebuah langkah yang barangkali terlihat "remeh-temeh" dan "sepele" bagi sebagian orang akan hadirnya blog Perpustakaan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta ini. akan tetapi bagi kami inilah sebuah langkah yang penuh keberanian dan sebuah hasil dari pemikiran yang tidak bisa dikatakan hanya main-main ataupun kerja iseng semata.

Dan lagi-lagi ini pula tak lepas dari sesosok figur taladan umat, Rosulullah al-Musthofa, yang menjadi inspirasi bagi kami dalam melakukan langkah awal perubahan ini. lebih dari 14 abad silam, Rasulullah sholallohu'alayhi wassalam melakukan sebuah langkah perubahan yang fenomenal dan sangat fundamental bagi perubahan kelangsungan hidup dakwah Islam di masa itu (yang bahkan efeknya tentu kita rasakan sampai detik ini). (Atas dasar wahyu Allah subhanahuwata'ala) Rosulullah melakukan Hijrah, sebuah peristiwa yang tidak bisa (jika hanya) dimaknai sebagai sebuah peristiwa perpindahan tempat tinggal semata, atau (yang lebih picik lagi) dimaknai sebagai bentuk ketakutan Rosulullah sholallohu'alayhi wassalam akan tekanan dan ancaman dari para Kafir Quraisy.

Akan tetapi, Hijrah merupakan sebuah peristiwa besar yang berlandaskan penyelamatan akidah. hijrah merupakan sebuah transformasi semangat untuk melanjutkan, mengembangkan, dan memperluas lingkup dakwah Islam. pertaruhan jiwa, raga, harta, dan keluarga merupakan sedikit dari cerminan betapa dahsyatnya pengorbanan yang Rosulullah dan para shahabatnya lakukan demi mempertahankan akidah dan melanjutkan cita-cita dakwah.

Semangat inipula yang kami "ugemi" (Indonesia: anut). Semangat untuk berdakwah, semangat untuk mentransformasikan informasi di dalam beragam media, Dengan semangat hijrah tersebut, kami melakulan pembaharuan di setiap sektor Perpustakaan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, yang salah satunya dengan hadirnya blog ini.

Harapan kami, dengan hadirnya blog ini, kami berharap transfer informasi dan pengetahuan (Informations and knowladge transfer) dapat berjalan lebih maksimal. mengingat saat ini begitu pesatnya perkembangan teknologi informasi, kecepatan dan efeksititas menjadi kriteria utama dalam ritual pencarian informasi dan pengetahuan. Serta kehadirannya bisa menjadi penyeimbang di antara ribuan atau bahkan jutaan konten yang tidak mendidik, amoral, dan sangat jauh dari nuansa syar'i.

Mengutip sebuah jargon yang sangat terkenal di dunia perpustakaan, "Buku Buka Baca Bisa", kami mengajak, marilah kita budayakan kebiasaan membaca. Anything and Everything. Membaca ayat-ayat kauniyah maupun ayat-ayat qouliyah Allah subhanahuwata'ala. Serta yang paling real tentunya kami mengajak untuk membaca buku-buku yang ada di perpustakaan kami.

Bahkan Allah subhanahuwata'ala-pun turun tangan secara langsung terkait pentingnya membaca bagi kita. masih ingatkan dengan Q.S. Al-'Alaq ayat 1-5? Ayat yang pertama kali diturunkan ke dunia.....


"Bacalah dengan (menyebut) nama Rabb-mu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabb-mulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."

Dan ahirnya, harapan kami hanya satu... "Tumbuhnya generasi informatif nan rabbani di lingkungan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta yang berawal dari perpustakaan kita tercinta". Biidznillah...(Ust. Teguh)

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment