Monday 24 August 2015

Mencetak Katalog Kartu


Ya, hari ini kami mencetak berlembar-lembar kartu katalog. dari koleksi-koleksi di perpustakaan yang hampir mencapai 80 % sudah ada di dalam sistem otomasi perpustakaan, bisa dipastikan akan ada ribuan katalog kartu yang tercetak nantinya. Karena 1 judul buku bisa menghasilkan sampai dengan minimal 4 kartu katalog. Mulai dari katalog utama, katalog judul, katalog subjek, dan katalog pengarang.

Hari ini, 100 lembar kertas yang dicetak sudah habis. Tiap lembar kertasnya bisa menjadi 3 kartu katalog. Jadi hari ini sekira 300 lembar kartu katalog sudah tercetak. Dan ini baru sekitar 3% dari jumlah keseluruhan data kolaksi. Hmmmm... artinya masih banyak lagi kartu katalog yang harus dicetak.

Lhah...! Untuk apa kok harus mencetak kartu katalog segala? Bukankah sudah ada OPAC (Online Public Access Catalogue) atau Katalog Online..? Iya, pencetakan kartu katalog ini adalah untuk memenuhi persyaratan akreditasi sekolah yang akan dilaksanakan bulan depan.

Selain komputer untuk OPAC, kami juga sudah punya lemari katalog. Ini dia...


Ini hasil cetakan kartu katalognya..




Hasilnya seperti apa? Hmmm tunggu saja nanti setelah selesai mencetak keseluruhan, kartu-kartu yang masih dalam bentuk lembaran itu akan kami potong-potong menurut satuannya.

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment